Pages

Sunday, September 15, 2013

Kenapa harus kuliah?




            Kenapa mahasiswa baru atau sering disebut MABA (MALA untuk yang mahasiswa lama) banyak yang tidak punya tujuan kuliah.Tujuan kuliah itu adalah prinsip atau alasan kita mengapa harus berkuliah. mEmang sih banyak MABA yang punya banyak tujuan mulia (tujuan angin surga kalau katanya orang sekarang), seperti membahagiakan orangtua, atau ingin membangun kampung halaman. Itu semua basi, tujuan itu memang mulia tapi tujuan itu terlalu besar dan masih jauh disana. Tujuan-tujuan itu terlalu samar karena itu masih jauh. Tujuan tersebut memang tidak dilarang atau malah memang bagus, tapi kalian pasti punya tujuan lain dibalik semua itu.
            Tujuan utama MABA (Tujuan di balik batu) untuk kuliah bisa dibagi menjadi 4 arus besar:

1.      Kuliah hanya untuk dapat uang : Maksudnya, saat kita lulus nanti kita mudah mencari kerja, 
atau bisa juga kerja dengan jabatan tinggi (Harus dari bawah dulu). 

2.      Kuliah hanya untuk mencari jodoh : Maksudnya, itu nyari link kenalan. Semakin banyak link kenalan kita nanti pasti salah satunya(atau malah banyak) bisa menjadi jodoh kita kelak.

3.      Kuliah hanya untuk buang-buang waktu : Kalau kita tidak kuliah, terus ngapain kita selama 4 tahun kedepan. Kita kuliah supaya tidak nganggur selama.

4.      Kuliah hanya untuk meningkatkan status : Derajat manusia sering di ukur dengan pekerjaan atau uangnya. Kalau kuliah rasanya status diri meningkat dari siswa menjadi mahasiswa.

Dari 4 arus besar tujuan di balik batu itu, kita sebagai seorang MABA harus bisa mencari tujuan kuliah kita sendiri. Kalau kita tidak punya tujuan kuliah kita akan terombang-ambing dalam dunia mahasiswa yang katanya lumayan keras (Padahal tidak sekeras dunia kerja). Dengan adanya tujuan kuliah kita bisa agak menerawang, kelak nanti kita mau menjadi apa atau saat kuliah kita mau berbuat apa.
            Tujuan kuliah tidak harus sesuai dengan 4 arus besar di atas. Kita bisa juga membuat tujuan lain. Tujuan tidak perlu muluk-muluk, simpel saja. Kalau kita mau SO (Study Oriented) ya terserah anda, atau kita mau sering ikut kegiatan kemahasiswaan yo boleh-boleh saja, atau malah kita mau sering membolos dan akhirnya di DO, I don’t care, itu tujuan kuliah mu.
( Materi kuliah Keterampilan Interpersonal )                       

No comments:

Post a Comment